MINI FIXIE : Sepeda Fixie minimalis harga lebih terjangkau

Akhir-akhir ini dikalangan anak muda sedang dilanda sebuat trend baru, bersepeda dengan sepeda Fixie. Dijalanan atau di sudut-sudut kota banyak remaja mengendarai sepeda fixie. Sepeda fixie adalah sepeda yang berbentuk seperti sepeda balap jaman dulu dengan lingkar roda yang lebar dan ban berwarna warni. Hal yang paling mudah untuk membedakannya dengan sepeda lain adalah bentuknya yang simple berwarna warni dan apabila pedal dikayuh ke belakang maka sepeda juga akan ikut mundur. Pedal akan ikut berputar terus dan tidak bias dihentikan bila sepeda belum berhenti. Hal ini terjadi karena sepeda ini memakai gear dolltrap yang hanya akan bias memutarkan roda 2 arah, tidak seperti sepeda pada umumnya.

Sepeda Fixie berangsur-angsur juga mengalami perkembangan pada bentuknya. Banyak orang yang tidak nyaman dengan gear dolltrap dan tidak bias menggunakanya. Karena dengan system gear dolltrap pengendaranya hanya bias melakukan pengereman dengan mengendalikan pedal. Sehingga banyak pecinta sepeda imut ini mengganti gear dolltrapnya dengan gear sepeda torpedo yang digunakan oleh sepeda kumbang pada umumnya. Gear torpedo mudah digunakan karena tinggal diinjak pedalnya saja maka akan mengerem tanpa harus berputar terus pedalnya. Bagi para pecinta Fixie sejati berpendapat sepeda ini bukan sepeda fixie melainkan hanya fixie view saja. Banyak juga para kaum hawa yang mengeluhkan susahnya mengendarai sepeda ini karena terlalu tinggi.

sepeda fixie , menjadi tren sepeda tahun ini

Fixie mudah dibeli karena sudah banyak dijual di toko-toko sepeda. Kalaupun tidak ada anda bias meminta merakitkannya dengan menghabiskan dana sekitar satu setengah juta keatas, Cukup mahal memang untuk ingin memiliki sepeda ini. Kalaupun ingin memangkas harganya, bias merakit sendiri dengan selisih harga yang juga tidak terlalu banyak. Yang membuat harganya mahal adalah velg dan rodanya yang paling tidak memakan dana 600rb-an. Bila beruntung menemukan frame sepeda balap bekas harganya sekitar 200rb. Sparepart lainnya yang kelihatannya sepele ternyata juga memakan dana cukup banyak.

Nah bagi anda yang ingin memiliki sepeda ini namun dengan budged yang sangat terbatas dan juga lebih nyaman dikendarai wanita kini ada solusinya, yaitu Mini Fixie. Saya menyebut demikian karena sepeda ini fixie view namun dengan ukuran yang lebih kecil. Frame yang digunakan yaitu sepeda federal, jantan ataupun betina sama-sama bias digunakan. Tentunya kebanyakan dari kita memiliki sepeda federal bukan? biaya untuk merakit sepeda ini bisa jauh lebih murah. Saya juga merakit sepeda federal saya yang sudah lama teronggok digudang untuk disulap menjadi mini fixie.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu pertama-tama preteli semua bagian-bagian sepeda hingga tersisa frame-nya saja. Selanjutnya cat frame sesuai warna yang diinginkan. Kalo saya sih pake pylox biar simple dan murah, 20rb saja. Bagian yang sangat memberi kesan fixie yaitu pada stang, ban, velg dan jerujinya. Saya mengganti pada bagian stang dengan stang model fixie; ban diganti dengan yang berwarna; jeruji dengan yang baru agar lebih fresh .Tak perlu cemas, bagian-bagian sepeda tadi sudah banyak dijual di toko sepeda. Bahkan velg ukuran 20” dan jeruji warna warni pun sudah banyak dijual. Bila anda malas untuk memasangnya tinggal minta dirakitkan dibengkel sepeda dengan rincian onderdil tadi.

merakit sepeda federal menjadi mini fixie

merakit sepeda federal menjadi mini fixie

Hasil akhir mini fixie

Hasil akhir mini fixie

Bagi anda yang bingung apa saja sparepart yang harus dibeli berikut ini saya kasih rincian onderdil sepeda mini fixie beserta harganya.

  • Cat pylox Rp 20.000,00
  • 2 buah ban luar (warna)    26×135 Rp 110.000,00
  • 72 jeruji 14×262  Rp 37.000,00
  • 1 stang MTB atas  Rp 15.000,00
  • 1 set spon stang  Rp 10.000,00
  • 1 sedel fixie      Rp 30.000,00
  • 1 Set piringan mini + baut  Rp 25.000,00
  • 1 pedal besi besar  Rp 35.000,00
  • 1 Kancing sedel  Rp 10.000,00
  • 1 Rantai  Rp.    15.000,00
  • 1 Set gear dolltrap + kancing  Rp 12.000,00
  • 20 Gotri belakang  Rp 4.000,00
  • 2 as roda  Rp 5.000,00
  • Rantai gembok      Rp 15.000,00
  • Bell  Rp 15.000,00
  • TOTAL  Rp 358.000,00

Cukup murah bukan? Dengan biaya segitu sudah ada ditangan dan siap digunakan untuk gowes maupun ngetrik ria.

Pada akhirnya apapun sepeda yang anda inginkan dan anda miliki semua ada ditangan anda sendiri. Jangan terlalu pakem mengikuti trend karena anda hanya akan menjadi korban trend dan mungkin booming untuk sesaat saja. Jadilah orang yang kreatif dan percaya dengan apa yang anda miliki. Dan kalo bias buatlah trend baru sehingga banyak yang terbantu oleh trend yang anda ciptakan. Keeping gowes dan sehat selalu dengan sepeda yang kita miliki. Karena dengan budaya ber-gowes ria kita akan sedikit membantu mengurangi polusi udara dan global warming.

perbandingan antara mini fixie dengan MTB

perbandingan antara mini fixie dengan MTB

sepeda fixie pada umumnya, lebih tinggi dan gagah

sepeda fixie pada umumnya, lebih tinggi dan gagah

About Odi Udungz

Belum menemukan arah tujuan hidup dan berusaha terus mencari

Posted on Agustus 7, 2011, in Pengalaman. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: