Jelajah gratis ke luar negeri, bukan cuma mimpi

Petualangan adalah hal yang begitu menarik bagi saya. Semenjak kecil saya selalu memimpikan untuk bisa berjelajah di berbagai penjuru dunia.

Hingga saat ini sudah ada beberapa kota di Indonesia yang sudah saya kunjungi berkat mengikuti kontes dan kesempatan dari pemerintah.

Melalui program yang diselenggarakan kementrian pemuda saya berhasil dua kali mengikuti kegiatan bhakti pemuda antar provinsi (bpap) dimana dalam kegiatan tersebut diharapkan para pemuda mempromosikan kebudayaan daerah asalnya dan juga mempelajari hal baru yang didapat di daerah tujuan BPAP. Tahun 2008 saya beserta ke7 rekan saya ditugaskan ke Bulukumba, Sulsel selama 2 bulan.
Dua tahun berikutnya juga terpilih menjadi pendamping dalam program yang sama dan sempat mengikuti jambore pemuda indonesia di Landak, Kalbar selama kurang lebih satu minggu. Semuanya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Untuk kawan-kawan yang berminat mengikuti dapat meminta informasi di dinas pemuda kabupaten setempat.

Kesempatan jalan-jalan gratis ternyata juga banyak ditemukan di internet. Bahkan ada banyak kontes yang menawarkan hadiah petualangan ke luar negri bagi pemenangnya. Sudah banyak kontes yang saya ikuti.

Global xchange salah satunya. Yaitu program yang diselenggarakan British Council bagi warga Indonesia untuk bisa tinggal di Inggris selama 2 bulan dan selanjutnya bergantian menjamu pemuda Inggris di Indonesia. Dan nampaknya saya memang belum ditakdirkan buat kesana, kendati saya sudah masuk babak final dimana dari 20 orang akan terpilih 10 orang untuk mewakili ondonesia. Pesaingnya dari mahasiswa semua sementara saya cuma lulusan SMA. Sampai-sampai mereka heran kenapa saya bisa lolos sampai babak final. Tapi saya tidak minder dan tetap semangat demi mewujudkan cita-cita saya. Hingga pada pengumuman hasil akhir, nama saya tidak terpanggil. Sangat menyesakan hal itu, seperti mimpi yang sudah di depan mata tapi gagal. Kesedihan melanda sesaat walaupun akhirnya semangat saya kembali berkobar.

Ada juga kontes tahunan yang digelar oleh laman detik.com melalui program Aku Cinta Indonesia (ACI) dimana 60 pemenangnya akan berpetualang ke tempat-tempat di Indonesia yang diinginkan. Dua tahun berturut-turut saya mengikutinya dan saya gagal terus. Bahkan dari babak awal langsung tersingkir.

Dan yang paling akhir ini saya mengikuti kontes yang digelar oleh Taiwan Excellence bertajuk It Travelers go!. Kontes yang berhadiah jalan-jalan ke Taiwan, Vietnam, dan India. Syarat awalnya amat mudah yaitu tinggal upload foto kita di website resminya dan mengajak teman kita untuk voting sebanyak-banyaknya. Berbagai cara saya lakukan agar bisa mendapat voting banyak. Babak pertama saya lewati dengan mulus dan berhasil menduduki peringkat atas diantara 45 kandidat yang lolos. Di babak selanjutnya kita diharuskan untuk upload vidio kita yang menjelaskan kenapa kita harus terpilih. Saya dibuat kelimpungan sangat di tahap ini. Permasalahannya saya demam kamera dan tidak bisa editing vidio. Untung saja banyak teman saya yang jago dalam editing video ini. Diambang deadline ,saya behasil mengupload video saya. Permasalahan baru muncul, yaitu ketika sistem web di kontes tersebut keamanannya diperketat. Voting sangat sulit dilakukan berulang-ulang sehingga jumlah vote video saya sedikit. Alhasil saya gagal juga dalam kontes yang begitu menggiurkan ini.

Nahh temen-temen semua, itulah pengalaman saya untuk bisa jalan-jalan gratis ke berbagai daerah. Saat ini begitu banyak peluang jika kita memang bermimpi untuk traveling gratis. Syarat utamanya adalah selalu terhubung dengan internet, aktif di forum-forum dan jejaring sosial. Jangan lupa selalu pantau website yang menginformasikan tentang lomba-lomba terkini. Mungkin bagi mereka yang berduit, traveling dapat dilakukan kapan saja dan kemana saja di berbagai penjuru dunia tanpa harus berdarah-darah untuk mewujudkann. Sedangkan kita yang tidak seperti mereka harus berjuang mengambiil peluang-peluang yang ada. Hidup ini berawal dari mimpi dan kita harus mengejarnya selama kita bisa melangkah. Satu hal yang saya yakini, dalam mimpi di tidur saya di suatu tempat yang saya impikan itu memang benar-benar ada dan kita harus berjelajah mencari dan menemukannya. Salam petualangan tiada henti!

About Odi Udungz

Belum menemukan arah tujuan hidup dan berusaha terus mencari

Posted on September 23, 2011, in Sepak Bola. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

